Mengenal Jenis - Jenis Kain Untuk Sofa

22.09



Sofa yang nyaman dan sesuai dengan interior di sekitar ruangan adalah harapan setiap konsumen yang menginginkan produk sofa yang dibelinya memiliki nilai manfaat yang maksimal, pada dasarnya sofa dapat ditempatkan di ruang tamu, ruang keluarga, atau di kamar tidur, oleh sebab itu warna dan jenis kain sofa yang digunakan pada sofa yang anda beli juga harus cocok dengan kondisi ruangan tersebut, sedikitnya ada tiga jenis sofa meliputi bahan-bahan yang dapat menjadi referensi untuk anda dalam hal memilih sofa yang cocok untuk rumah anda.

Jok Berbahan Kulit

Kulit adalah salah satu bahan sofa meliputi materi yang dianggap sebagai bahan yang paling mahal. Hal ini karena kulit berasal dari kulit sapi kembali dan tidak ada banyak kerutan di permukaan. Ini adalah bahan yang sempurna dari sofa mencakup karena memiliki permukaan yang lembut dan elastis. Selain itu, bahan ini juga memiliki daya tahan tinggi.

Jok Bebahan Kain
Sofa lainnya meliputi bahan yang umum digunakan adalah bahan kain. Ada beberapa jenis kain sofa meliputi, misalnya polyester, katun, Viska, moscrosuede dan serat nilon. Bahan ini sangat cocok digunakan sebagai sofa mencakup karena telah menarik bagi banyak pemilik rumah. Namun, untuk menentukan kain yang tepat untuk sofa Anda, Anda dapat menyesuaikan desain dan kebutuhan.
Dari sekian banyak kain yang ditawarkan, sebagian besar menggunakan bahan moscrosuede yang lebih dikenal sebagai suede. Kain ini memiliki karakteristik yang mirip dengan kulit. Selain itu, hal ini juga lembut untuk disentuh dan tidak panas. kain Sofa lainnya meliputi bahan yang sering digunakan adalah serat nilon. Bahan ini memiliki ketahanan terhadap air. Ini berarti bahwa tidak mudah untuk menyerap air, sehingga akan lembab dan menjaga debu.


Jok Berbahan Sintetis
Jenis bahan sintetis umumnya dikenal sebagai Oscar. Sofa ini mencakup materi juga memiliki karakteristik yang sama dengan kulit, tetapi memiliki daya tahan tidak begitu lama. Meskipun demikian, bahan ini sangat menarik untuk digunakan sebagai sofa mencakup karena memiliki harga yang relatif lebih murah.



Diantara berbagai jenis bahan pelapis sofa yang beredar di masyarakat, bahan kain adalah salah satu primadonanya. Beberapa jenis kain yang memiliki tekstur halus dan mampu menyerap panas tubuh membuat bahan ini terasa nyaman saat diduduki dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bahan kain juga memiliki motif dan warna yang lebih beragam dibandingkan bahan kulit
Namun, kekurangan bahan ini adalah mudah kotor dan menyimpan debu, sehingga memerlukan perawatan secara berkala untuk menjaga higienitas dan kualitasnya. Berikut ini adalah jenis-jenis bahan kain yang dapat Anda pertimbangkan.

Katun

Katun merupakan jenis kain yang paling sering dipilih sebagai pelapis sofa. Bahan ini terbuat dari tenunan yang semakin rapat jalinan benangnya, akan semakin baik kualitasnya dan nyaman diduduki. Harganya pun cukup terjangkau dan tersedia dalam beragam pilihan warna dan motif.
Kekurangan bahan ini adalah tidak tahan lama karena bahan lebih beresiko cepat robek atau warna memudar dan memerlukan perawatan berkala agar tidak ditumbuhi jamur.

Polyester

Keunggulan bahan ini adalah daya tahannya yang tinggi karena memiliki daya serap yang rendah terhadap air, dan mudah terlipat.

Linen

Rendahnya kemampuan bahan menyerap tinta membuat bahan linen umumnya tampil polos tanpa motif. Bahan pelapis ini sangat lembut, mudah berkerut dan cenderung lebih panas.

Akrilik

Dibandingkan dengan bahan lain, bahan akrilik lebih tahan terhadap panas matahari, cepat kering jika terkena cipratan air, ringan dan tahan lama. Oleh sebab itu, bahan ini cocok digunakan di area outdoor.

Nilon

Bahan ini juga cukup populer sebagai pelapis sofa karena bahannya yang tahan air, tidak mudah robek dan tahan lama.

Chenille

Bahan chenille merupakan bahan yang tengah populer saat ini. Teksturnya mirip dengan bahan corduroy. Meskipun sangat halus, bahan ini tidak tahan air dan sulit dibersihkan jika terkena noda.


Kain Rayon (Viscose)
Rayon atau kain rayon merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Bahan kain tekstil yang memiliki permukaan halus, lembut, dan kuat ini kerap dijadikan penganti kain sutra karena harganya terbilang jauh lebih murah meski mudah terbakar dan rentan terhadap air.

Kain Kanvas
Kain kanvas merupakan sejenis bahan tekstil yang memiliki karakteristik tebal, kuat dan kokoh. Kain kanvas sendiri terdiri atas beberapa macam jenis dengan serat dan ketebalan yang berbeda-beda, mulai dari kain kanvas marsoto, kain kanvas ring, kanvas sueding, dan baby kanvas.



Tip's Memilih Warna dan Corak Sofa Yang Sesuai dengan Ruangan Anda
Warna merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih sofa yang cocok untuk ruangan anda, Dalam Hal Ini. Anda dapat memilih warna sofa ruang tamu dengan menyesuaikannya dengan dekorasi ruangan secara umum atau dapat disesuaikan dengan elemen kunci tertentu pada dekorasi ruangan. Bila ingin sesuatu yang agak berbeda, Anda juga dapat memilih warna sofa ruang tamu yang menonjol dan dominan tanpa harus mencocokannya dengan keseluruhan dekorasi ruang tamu. Mari kita lihat beberapa tips untuk memilih warna pada sofa ruang tamu baik di bawah ini.
  1. Warna Netral
Dalam dekorasi yang dibuat untuk menciptakan suasana santai, tenang dan minimalis, warna biasanya tidak digunakan secara maksimal. Di ruang tamu kontemporer ini kita memiliki palet warna yang sangat sederhana dan netral menampilkan warna putih, krem dan abu-abu. Contohnya Sofa ruang tamu dalam warna off abu-abu dan memiliki bantal aksen krem yang menonjol secara halus.
Sofa ruang tamu ini bisa juga tetap menonjol meskipun memiliki warna yang sangat sederhana. Untuk membuat hal itu terjadi, Anda harus menempatkan latar belakang yang kontras. Misalnya, sofa ruang tamu berwarna abu-abu diletakan di area karpet putih sehingga mereka akan menonjol meskipun tidak menampilkan warna yang berani.

  1. Sofa Ruang Tamu dengan Warna senada dengan Dinding Ruangan Ditambah Bantal Aksen yang Berani
Sofa itu sendiri dapat berbaur dengan ruangan asalkan memiliki aksesoris yang membuatnya menonjol. Sebuah strategi yang sangat sederhana dan populer adalah untuk memilih sofa dalam warna yang mirip dengan dinding atau warna utama yang digunakan di dalam ruangan dan menghiasnya dengan bantal aksen dalam warna yang berani dan bersemangat. Dalam hal ini, abu-abu dan oranye adalah dua warna yang terlihat indah apabila digabungkan.
  1. Sofa yang Colourful
Jika Anda memutuskan untuk memilih sofa ruang tamu yang lebih berwarna, maka dianjurkan untuk mencocokkan dengan sesuatu dalam ruangan untuk menciptakan koherensi. Contohnya adalah sofa berwarna pirus ( biru kehijauan) yang disesuaikan dengan nuansa jendela disekitarnya yang menampilkan pemandangan langit dan pepohonan.

  1. Warna Alam
Merupakan ide yang bagus untuk membawa nuansa alam ke dalam sofa ruang tamu. Ruang tamu yang memiliki pemandangan yang indah dapat menggunakan warna-warna yang sesuai dengan yang terlihat melalui jendela. Sebagai contoh, apabila anda memiliki ruang tamu yang didekorasi dengan nuansa warna alam seperti hijau dan biru, yang juga memiliki halaman yang indah. Sofa yang terbaik untuk ditempat di ruangan ini adalah warna hijau rumput. Menarik juga untuk bermain dengan warna-warna alam lain seperti warna bumi misalnya beige, cokelat dan abu-abu. Warna-warna bumi yang bersahaja bisa menjadi kunci untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman di ruang tamu Anda.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images