Membuat Bubutan Ukiran Dekorasi Mebel Dengan Mesin CNC ROUTER

21.44


















Tehnologi perkayuan semakin maju, untuk membuat ukiran pada permukaan kayu maupun permukaan panil MDF tidaklah sulit, dalam waktu beberapa menit saja design ukiran yang anda inginkan sudah dapat di applikasikan di permukaan furniture kesayangan anda, di bandingkan jaman dahulu kala dimana untuk membuat ukiran seperti ini diperlukan ahli pahat, namun saat ini dengan mesin bertehnologi CNC semuanya bisa di kerjakan dengan sangat mudah. Mesin CNC yang merupakan singkatan dari Computer Numerically Controlled, bermula dari tahun 1952 yang dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts, atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat. Pada awalnya Mesin CNC ini digunakan untuk membuat alat kerja khusus yang rumit. Semula perangkat Mesin CNC memerlukan biaya yang tinggi dan volume unit pengendali yang besar. Pada tahun 1973, Mesin CNC masih sangat mahal sehingga masih sedikit perusahaan yang mempunyai keberanian dalam mempelopori investasi dalam teknologi ini. Dari tahun 1975, produksi Mesin CNC mulai berkembang pesat.

Perkembangan ini dipacu oleh perkembangan mikroprosesor yang semakin canggih, sehingga volume unit pengendali kontroller nya dapat lebih ringkas. Dewasa ini penggunaan Mesin CNC hampir digunakan di segala bidang Industri Usaha. Mulai dari bidang Pendidikan seperti Universitas maupun Sekolah Kejuruan, Riset Penelitian, Industri Manufaktur, Bengkel Workshop, Usaha Mebel Interior Furniture, Industri Advertising dan Kreatif, dan masih banyak lainnya yang mempergunakan Mesin CNC yang sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak dan sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mesin CNC adalah suatu mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (data perintah dengan kode angka, huruf dan simbol) sesuai standart ISO. Sistem kerja teknologi CNC ini akan lebih sinkron antara komputer dan mekanik, sehingga bila dibandingkan dengan mesin perkakas yang sejenis, maka mesin perkakas CNC lebih teliti, lebih tepat, lebih fleksibel dan cocok untuk produksi masal. Dengan dirancangnya Mesin Perkakas CNC dapat menunjang produksi yang membutuhkan tingkat kerumitan yang tinggi dan dapat mengurangi campur tangan operator selama mesin beroperasi.

Numerical Control (NC) adalah suatu format berupa program otomasi dimana tindakan mekanik dari suatu alat-alat permesinan atau peralatan lain dikendalikan oleh suatu program yang berisi data kode angka. Data alphanumerical menghadirkan suatu instruksi pekerjaan untuk mengoperasikan mesin tersebut. Numeric Control (NC) mengatur kendali mesin atas dasar informasi digital. NC bermanfaat untuk produksi rendah dan medium yang memvariasikan produksi item, di mana bentuk, dimensi, rute proses, dan pengerjaan dengan mesin bervariasi.

Hampir Sebagian besar pabrik furniture saat ini sudah menggunakan mesin - mesin bertehnologi CNC dan sejalan perkembangan design moderen mesin CNC ini semakin dimanfaatkan dengan maksimal untuk menghasilkan karya furniture yang bernilai seni tinggi.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images